Grojogan Tuwondo – Tempat Wisata Air Terjun di Bantul

Wilayah Gunung Kidul dengan ragam deretan pantainya boleh jadi merupakan surganya objek wisata pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tapi, jika kita berbicara tentang obyek wisata air terjun di Yogyakarta, maka Bantul dan Kulon Progo primadonanya. Salah satu tempat wisata air terjun di bantul yang wajib kamu kunjungi ialah air terjun Grojogan Tuwondo.

Grojogan Tuwondo

Objek wisata ini dinamakan Grojogan Tuwondo, karena curah air pada air terjun ini turun dengan menggerojok yang berarti menggelegar sehingga diambillah kata “Grojogan”.

Sedangkan untuk kata “Tuwondo” disebabkan batu-batu yang menjadi tebing tempat mengalirnya air terjun seperti anak tangga.

Tuwondo merupakan singkatan dari kosa kata bahasa Jawa ‘Watu Ondo’ yang berarti ‘tangga batu’.

Huruf ‘W’ di tengah merupakan huruf tambahan karena orang dulu mempunyai semboyan “endahing suworo ing panemu” yang berarti memperindah pengucapan dalam sebuah kata. Bagi kamu masih penasaran, kamu dapat membuktikan dengan mengunjunginya.

Waktu Berkunjung Terbaik

Pada musim kemarau terkadang Air Tejun ini debit airnya cukup kering bahkan terkadang sampai mengalami kekeringan.

Maka dari itu, sebaiknya bagi kamu yang ingin mengunjunginya untuk memilih musim penghujan. Sebab di musim hujan inilah pesona Air Terjun Grojogan Tuwondo akan terlihat jelas.

Hal Yang Menarik

Bentuk dari air terjun ini memiliki tiga tingkatan yang masing-masing memiliki ketinggian 3 hingga 5 meter dan Setiap tingkatan itu akan mengalir air deras ketika hujan turun ataupun saat musim penghujan, aliran airnya terbelah menjadi dua aliran.

Di lokasi sekitar air terjun kamu akan menjumpai pepohonan jati dan juga semak belukar. Bebatuan yang banyak kamu jumpai di perjalanan merupakan jenis batuan andesit dan batu kapur.

Ketika sampai di lokasi air terjun ini, dinginnya air terjun sudah bisa kamu rasakan walaupun kamu belum sampai mencelupkan bagian tubuh.

Batu-batu tempat turunnya air tersusun secara alami dan sangat rapi. Pemandangan sekitar wisata Air Terjun ini masih terlihat rindang dan hijau, sehingga sejuknya tempat ini bisa mengusir rasa lelah selama menempuh perjalanan jauh.

Di tempat wisata ini kamu bisa bermain air, berenang, maupun sekedar mengagumi keindahan yang ditawarkan oleh air terjun ini.

Dengan pemandangan yang indah, tentunya sayang kalau kamu tidak mengabadikan keindahannya dalam jepretan kamera.

Di tempat ini juga sangat cocok kalau kamu ingin piknik bersama keluarga ataupun teman – teman. Menggelar tikar dan menyantap makanan yang di bawa seraya bersenda gurau ditemani dengan irama gemericik air tentunya akan semakin mempererat keakraban.

Hal Yang Perlu Diperhatikan

Karena pesona air terjun ini hanya bisa dinikmati secara maksimal pada musim penghujan, tentunya kamu perlu berhati – hati dengan kondisi yang berlumpur dan licin.

Sebaiknya gunakan alas kaki anti slip sehingga anda tidak terpeleset saat menuju ke air terjun ini.

Fasilitas yang ada di tempat ini masih minim, terutama kalau bukan pada masa liburan. Karena itu jangan lupa bawa bekal seperti snack dan minuman di luar terlebih dahulu sebelum sampai ke tempat ini.

Lokasi Grojogan Tuwondo

Lokasi wisata air terjun Grojogan Tuwondo ini terletak di Kampung Lemah Abang, Dusun Banyakan 3, Desa Siti Mulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Grojogan Tuwondo

Adapun rute dari Jogja sampai lokasi cukup mudah. Dari jalan Wonosari Km 9, tepatnya sesampainya di Kids Fun, lurus ke timur sampai lampu lalu merah Sampakan, lalu belok ke Selatan ke arah Pleret, lurus ikuti jalan kurang lebih 5 Kilometer sampai area industri Banyakan.

Di dekat area industri tersebut terdapat gang kecil, ikuti gang tersebut, sekitar 50 meter sampai pertigaan kecil ambil kiri, nanti Anda akan melewati area persawahan sepanjang 1 Kilometer, selanjutnya ikuti petunjuk jalan menuju Air Terjun Grojogan Tuwondo.

Akhir Kata

Wisata air terjun memang memiliki pesona tersendiri yang tentunya menarik untuk dikunjungi, dan air terjun Grojogan Tuwondo yang ada di bantul merupakan salah satu yang bisa anda kunjungi ketika datang ke Yogyakarta.

Tinggalkan komentar