30 Tempat Wisata Alam di Jawa Timur Yang Menarik dan Eksotis

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas Tempat Wisata Alam di Jawa Timur yang menarik dan eksotis . Semoga bisa memberi sedikit informasi bagi Kamu yang hendak berlibur. Alangkah bahagianya apabila berlibur kamu sudah mengetahui situasi dan kondisi ditempat tersebut, segala persiapan sudah disiapkan.

Di Jawa Timur terdapat tempat-tempat wisata yang patut dikunjungi dan tentunya akan mengasikkan. Lokasinya yang mudah di jangkau membuat tempat ini menjadi salah satu tujuan berlibur untuk para wisatawan lokal maupun  mancanegara.

Ketika ingin berkunjung ke beberapa Tempat Wisata di Jawa Timur, Kamu harus memilih daerah mana yang ingin dikunjungi terlebih dahulu. Berapa jumlah ongkos wisata yang akan dikeluarkan beserta beberapa rencana yang harus di siapkan, ketika semua sudah lengkap maka liburan akan menyenangkan dan seru.

Berbagai Tempat Wisata di Jawa Timur

1. Tempat Wisata Pulau Sempu di Malang

Tempat Wisata Pulau Sempu mempunyai pasir bersih berwarna putih yang mempesona dan terdapat sebuah Telaga Blue Lagoon Sempu berhawa sejuk di tengah-tengah pulaunya. Membawa kendaraan pribadi roda empat sangat disarankan untuk mencapai pantai Sendang Biru yang berjarak sekitar 70 km dari Kota Malang.

Setelah sampai di Pantai Sendang Biru, Kamu perlu menyewa kapal perahu dengan harga Rp 150.000 untuk perjalanan pulang pergi. Kemudian penjaga perahu akan memberikan nomor hpnya untuk menjemput pulang.

Ketika menyeberang kita bisa melihat keindahan Samudera Hindia. Beristirahatlah sejenak di kapal dan kalau beruntung Kamu bisa melihat barisan lumba-lumba yang bermain di tengah laut.

Perlu untuk diketahui, untuk menuju ke Blue Lagoon Sempu jalur Trackingnya ialah Kawasan Hutan Konservasi,di perlukan Stamina lebih dan berhati-hati untuk melewati bidang  jalan setapak yang di penuhi karang.

Setelah sampai tujuan semua akan terbayarkan akan keindahan dan kesejukkannya. Pada siang hari air di telaga Blue Lagoon Sempu akan pasang, sehingga tak sabar rasanya untuk segera bermain air yang jernih, berlarian, dan berenang di telaga Blue Lagoon Sempu yang bagaikan surga ini.

2. Tempat Wisata Danau Ranu Kumbolo Gunung Semeru di Lumajang

Tempat Wisata Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau air tawar yang terletak di Pegunungan Tengger di kaki Gunung Semeru, mempunyai luas kurang lebih 15 hektar.  Disini merupakan tempat transit / camping bagi mereka yang akan melanjutkan perjalanan menuju puncak tertinggi Gunung Semeru ( Puncak Mahameru ).

Adapun keistimewaan di Danau Ranu Kumboro yaitu pada saat matahari terbit yang muncul perlahan di antara dua bukit hijau dan ketika kabut yang mulai turun di waktu sore hari, berpadu dengan air danau yang jernih ialah pemandangan indah yang sayang kalau sampai terlewatkan.

Untuk menuju ke Danau Ranu Kumbolo Kamu bisa turun di terminal Probolinggo / terminal Lumajang lalu naik bus jurusan Kencong / Ambulu turun di Klojen. Kemudian dari Klojen naik angkot menuju ke Senduro hingga sampai di Pasar Senduro .

Di Pasar Senduro tersedia penyewaan jeep hardtoop untuk menuju ke pos Ranupani Desa terakhir di kaki Gunung Semeru. Perlu diingat pendaki harus melakukan regristasi terlebih dulu dengan mengisi dokumen, foto, dan KTP sebanyak 3 buah serta Surat Keterangan Sehat yang bisa Kamu peroleh dari Dokter di Senduro.

Semua itu dilakukan untuk keamanan dan keselamatan pendaki pada waktu perjalanan. Untuk mencapai Danau Ranu Kumbolo Kamu harus melewati jalur berupa jalan setapak yang membutuhkan waktu 6 sampai 7 jam dari pos pendaftaran tersebut.

3. Tempat Wisata Telaga Sarangan di Magetan

Tempat Wisata Telaga Sarangan / Telaga Pasir merupakan telaga yang masih alami, karenanya tempat wisata ini menjadi unggulan Kabupaten Magetan yang ramai di kunjungi banyak wisatawan. Tempat wisata ini terletak di ketinggian sekitar  1.200 meter di atas permukaan laut dan berlokasi di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, jawa Timur.

Untuk luasnya sekitar 30 hektar dengan kedalaman sekitar  29 meter dan bejarak 16 km dari arah kota Magetan. Di tempat wisata ini mempunyai  suhu dari 15 – 20 derajat Celsius yang cukup sejuk sehingga telaga ini kerap di serbu pengunjung.

Di sekitar telaga ada dua hotel berbintang yaitu 18 hotel pondok wisata dan 43 hotel kelas melati. Tak hanya itu ada beberapa fasilitas yang mungkin Kamu butuhkan misalnya kuda / kapal cepat untuk berkeliling telaga, rumah makan dengan makanan khasnya sate kelinci, telepon umum, tempat ibadah, tempat bermain, tempat parkir, pasar wisata, jasa sewa perahu motor berjumlah 50 biji, jasa sewa becak air berjumlah 13 biji, taman dll.

Adapun produksi-produksi penduduk setempat yang biasa Kamu bawa pulang untuk oleh-oleh seperti anyaman bambu, kerajinan sepatu, kerajinan kulit, souvenir, berbagai makanan khas  ( emping melinjo dan lempeng / kerupuk terbuat dari nasi ).

4. Tempat Wisata Pantai Pasir Putih di Situbondo

Sungguh menyenangkan apabila Kamu bisa berlibur di sini. Pantai Pasir Putih populer akan pasir putihnya yang bersih. Airnya yang jernih, tenang dan nyaris tak berombak, Kamu bisa melihat dengan jelas keindahan karang yang di iringi dengan aneka ikan cantik. Keindahan lainnya yaitu bentuk pantai ini melengkung ke arah laut, di arah utara pantai terhampar laut biru Selat Madura.

Selain itu, hutan unik yang asri kehijauan yang di tumbuhi Pohon Cemara Udang, Jati, serta  barisan Pohon Kelapa menjadikan suasana sejuk. Berbagai burung dan kera hitam pun kerap terlihat singgah di Hutan Pantai Pasir Putih ini.

Bagi pengunjung yang belum mahir berenang di lokasi pantai terdapat ban pelampung, perahu kota-kaca untuk melihat paronama bawah laut, tempat penginapan ( hotel,montel, losmen ), kamar mandi, mushola, bangku beton untuk beristirahat.

Di sini juga banyak terdapat kios-kios yang menyediakan souvenir seperti miniature perahu dan aksesoris dari kerang.

Harga tiket masuk ke lokasi pantai terbilang cukup murah, yaitu Rp 5.000 / orang. Dan akses jalan menuju ke Pantai Pasir Putih cukup mudah karena lokasinya di pinggir jalur utama Surabaya – banyuwangi berjarak sekitar 175 km dari Kota Surabaya yang bisa ditempuh kurang lebih selama 4 jam perjalanan.

Dari arah Situbondo bisa ditempuh memakai angkutan umum ( bus / minibus ) sekitar 22 km  yang bisa ditempuh kurang lebih selama 1,5 jam perjalanan.  Secara administrative, Pantai Pasir Putih Situbondo bertempat di Dusun Kembang Sambi, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

5. Tempat Wisata Gunung Bromo di Probolinggo

Tempat Wisata Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif berketinggian 2392 meter dari permukaan laut dan termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ( TNBTS ).

Untuk bisa menikmati pemandangan Gunung Bromo Kamu bisa menuju ke View Point. View Point ialah sebuah tempat yang di gunakan untuk melihat matahari terbit, Kawah Gunung Bromo, Padang Savana, Lautan Pasir ( Lautan Berisik ), dan keindahan Gunung Bromo dari ketinggian.

Melalui Bukit ada lima tempat untuk melihat keindahan Gunung Bromo di antaranya Pananjakan satu, Sruni Point, Bukit Kingkong, Bukit Cinta, dan Puncak B29.

Tetapi untuk Puncak B29 tempatnya agak jauh dari keempat tempat tersebut. Ada empat rute perjalanan untuk menuju Wisata Gunung Bromo yakni jalur dari Kabupaten Lumajang, jalur dari kabupaten Malang, jalur dari Pasuruan, dan jalur dari Probolinggo.

6. Tempat Wisata Pantai Balekambang

Balekambang ialah salah satu pantai terbagus di Jawa Timur yang mempunyai konsep paronama alam yang hampir sama dengan Tanah Lot ( Bali ) dimana kedua pantai tersebut mempunyai sebuah Pura.

Pada tahun 1985 Pura Amerta Jati atau bisa di sebut Pulau Ismoyo ini didirikan oleh Bupati Kota Malang yaitu Edi Slamet. Panjang pantai ini sekitar 2 km dengan lebarnya 200 meter.

Apabila air laut surut, terumbu karang, tanaman laut, dan berbagai penghuni laut akan kelihatan. Cukup menarik bukan?

Pantai ini bertempat sekitar 70 km kearah Selatan dari Kota Malang. Walaupun tempatnya lumayan terpencil, fasilitas di Pantai Balekambang cukup memadai seperti restoran, warung makan tradisional, toko souvenir, toilet umum, penjaga pantai, tempat camping, kantor informasi, mushola, penginapan, bungalow, hingga tempat parkir yang luas.

Harga tiket masuk berkisar antara Rp 10.000  sampai Rp 15.000 per orang-nya.

7. Tempat Wisata Pulau Merah di Banyuwangi

Tempat Wisata Pulau Merah ialah wisata primadonanya masyarakat Banyuwangi. Pulau Merah mempunyai panjang bibir pantai kurang lebih sepanjang 3 km dan berketinggian 200 meter, berpasir putih, tanahnya berwarna merah dan bentuknya seperti bukit.

Gelombang ombaknya berketinggian 4 sampai 6 meter sehingga sangat cocok untuk surfing (selancar). Tak ketinggalan juga sensasi keindahan pasir putih berkilauan dan air jernih berpadu dengan sunsetnya yang tidak bisa terlupakan.

Di sebelah timur tampak barisan gunung-gunung di iringi banyaknya pohon kelapa dan pisang membuat pulau tambah asri. Walaupun telah dilengkapi lifeguard, disarankan dan diharapkan bagi para pengunjung untuk berhati-hati dengan cara menaati arahan yang diberikan oleh petugas.  Mengingat ketika air sedang pasang ombak di perairan Pulau Merah cukup besar.

Kamu harus rela menempuh jarak 60 km melewati jalan pedesaan dan perbukitan dari pusat Kota Banyuwangi dimana perjalanan membutuhkan waktu hampir 2,5 jam. Harga tiket masuknya Rp 2.500 per orang dan parkirnya gratis.

8. Tempat Wisata Pantai Sendang Biru di Malang

Tempat Wisata Pantai Sendang Biru merupakan pantai yang indah, ombaknya tidak terlalu besar, dan arusnya tenang di banding pantai di pesisir selatan Pulau Jawa. Pantai ini dinamakan Sendang Biru karena di pantai tersebut terdapat sumber mata air  berwana biru. Seperti telah disinggung sedikit di atas, Pantai Sendang biru ialah akses jalur menuju ke Pulau Sempu.

Untuk menuju ke Pantai Sendang Biru, Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga menggunakan kendaraan umum. Tiket masuknya cuma Rp 5.000 per orang.

Kita bisa menikmati keindahan pantai ini di sisi barat, yang mana terdapat tebing dan batu besar yang membuat pantai ini terlihat menawan ketika matahari mulai terbenam dengan sinar matahari yang terpantul di pantai.

9. Tempat Wisata Pantai Bandealit di Jember

Tempat Wisata Pantai Bandealit, salah satu pantai yang menjadi tujuan utama wisata alam karena tempatnya yang alami dan bersih. Beberapa potensi dapat di nikmati ialah Demplo Penangkaran Rusa dan Green House Anggrek ( disini banyak koleksi bunga anggrek langka ).

Pantai ini merupakan tempat bersandarnya perahu nelayan, sehingga bagi pengunjung yang ingin merasakan ikan bakar segar dapat langsung membeli di nelayan lokal.

Terdapat muara sungai dari sisi timur dengan luas menyerupai danau, muara ini ditanami mangrove dengan dominasi jenis pedada. Kondisi muara sungai Bandealit cukup aneh, karena pada musim kemarau airnya menggenang menjadi danau sedangkan pada musim penghujan kondisi muara sungai ini mengering.

Di pantai ini terdapat berbagai fasilitas untuk melakukan berbagai kegiatan seperti Memancing, Bodyboard, Jetski, Berenang, Kano, Selancar Angin, dan sebagainya.

Apabila Kalian akan menuju ke Tempat Wisata Pantai Bandealit alangkah baiknya menggunakan kendaraan beroda empat dengan melalui rute Jember – Ambulu / Tempurejo yang berjarak sekitar 26 km, lalu menuju ke Andongrejo dengan jarak 20 km dan selanjutnya ke Bandealit dengan jarak kurang lebih 15 km, dan husus jalur Bandealit ini disarankan memakai mobil 4WD / sejenisnya.

Fasilitas yang tersedia di pantai ini sudah cukup memadai, seperti sudah adanya Pondok wisata, Area Parkir, Camping, MCK, Bodyboard, Solar cell, Genset, Kano, Shelter, dan lain sebagainya.

Perlu di perhatikan disana tidak ada ATM, jadi bawalah uang tunai untuk memenuhi kebutuhanmu. Untuk Harga tiket masuk di hari biasa sekitar Rp 5.000 per orang untuk wisatawan domestik, Rp 150.000 per orang untuk wisatawan asing, Rp 3.000 per 10 orang untuk rombongan pelajar domestik, dan Rp 100.000 per 10 orang rombongan pelajar asing. Untuk harga tiket masuk di hari libur sekitar Rp 7.500 per orang untuk wisatawan domestik , Rp 225.000 per orang untuk wisatawan asing, Rp 4.500 per10 orang untuk rombongan pelajar domestik, Rp 150.000 per 10 orang rombongan pelajar asing.

10. Tempat Wisata Pantai Plengkung di Banyuwangi

Tempat Wisata Pantai Plengkung terletak di Taman Nasional Alas Purwo ( TNAP ) dengan popularitasnya yang sudah mendunia dikarenakan mempunyai ombak yang besar dan tinggi, sehingga para peselancar tingkat dunia datang ketempat ini.

Tak hanya menikmati eksotisme Pantai Plengkung / G-Land yang sudah populer di mancanegara, Kamu bisa menikmati pesona alam Taman Nasional Alas Purwo dengan segala habitat yang hidup bebas didalamnya.  

Tak hanya itu saja, ada beberapa kegiatan menyenangkan lainnya seperti Snorking, Mancing, Diving, Caving, melihat  penangkaran penyu, dan bagi Kalian yang hobbi fotografi sunset di Pantai Plengkung tidak kalah indahnya dengan tempat lain, yang mana biasanya para wisatawan banyak menunggu momen ini. 

Untuk mencapai Pantai Plengkung bisa melewati jalur darat ataupun jalur laut. Untuk harga tiket untuk masuk ke Taman Nasional Alas Purwo sebesar Rp 5.000 per orang dan harga tiket untuk menyeberang ke hutan lindung dan tepi Pantai Laut Selatan juga sebesar Rp 5.000 per orang.

Perlu di perhatikan, ketika sampai ke TNAP, Kamu tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Kamu hanya di perbolehkan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki atau menyewa  truk / pick up.

11. Tempat Wisata Pantai Papuma di Jember

Tempat Wisata Pantai Papuma mempunyai keindahan mirip dengan pantai-pantai yang ada di Hawai, dengan jarak hanya sekitar 35 km dari pusat Kota Jember dengan medan jalan tempuh agak curam / tanjakan kurang lebih sepanjang 300 meter.

Pantai Papuma berpasir putih yang bersih dan indah memungkinkan para wisatawan asing untuk berjemur. Tak hanya keindahan alamnya, pantai ini kaya akan fauna seperti Ayam Alas, Biawak, berbagai jenis Burung, Babi Hutan, Rusa, Landak dan Trenggiling. Pantai ini berada di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Jember, Jawa Timur.

Informasi penting, bahwa untuk pergi ke Pantai Papuma kami sarankan jangan menggunakan bus besar, karena mengingat medan jalannya yang curam dan berliku-liku dengan tingkat kecuraman antara 45 – 50 derajat.

Bagi Kamu yang sudah terlanjur tidak usah kecewa karena panitia dan mengelola sudah menyiapkan kendaraan ojek bertarif Rp 12.500 per orang sampai ke Pantai Papuma Jember. Harga tiket masuknya sebesar Rp 15.000 per orang, parkir motor Rp. 5.000, dan parkir mobil Rp 10.000.

12. Tempat Wisata Bahari di Lamongan

Tempat Wisata Bahari Lamongan ( WBL ) merupakan salah satu wisata unggulan berkonsep modern di provinsi Jawa Timur yang terletak di pesisir utara Pantai Jawa / Tanjung Kodok, tepatnya di Kecamatan Pacitan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Berdiri pada tahun 2004 dengan luas areal 11 hektar, tempat ini buka setiap hari dari pukul 08:30 – 16:30 WIB. Tiket masuk hari Senin-Kamis Rp 60.000 per orang, sedangkan pada hari Jum’at-Minggu tarifnya sebesar Rp 80.000.

Beberapa wahana unggulan ditempat wisata ini ialah Istana Bawah Laut, Gua insectariums, Space Shuttle, Anjungan Wali songo, Texas City, Paus Dangdut, Tembak Ikan, Rumah Kaca dan Istana Bajak Laut.

Dengan didukung hadirnya 3 jenis wahana setiap tahunnya menjadikan tempat  wisata ini semakin menyenangkan. Ditambah lagi fasilitas pendukungnya seperti Pasar Wisata, Pasar Hidangan, Pasar Buah dan ikan beserta fasilitas umumnya seperti Masjid, Free Wifi, ATM, Klinik, Area Parkir dan lain-lain.

Di tempat Wisata Bahari dilarang membawa makanan, dan anak-anak berketinggian lebih dari 85 cm dikenakan tiket penuh. Selain itu tiket yang sudah di beli tidak dapat dikembalikan,tiket tidak dapat diwakilkan, dan tiket juga tidak boleh rusak karena tiket tersebut berlaku untuk sehari penuh selama tanggal kunjungan.

13. Tempat Wisata House Of Sampoerna di Surabaya

House Of Sampoerna berlokasi di pusat Kota Surabaya, yang berada di Jl. Taman Sampoerna No.6, krembangan, Pabean, Cantikan. Dibangun pada tahun 1862, tempat ini dulunya menjadi sebuah panti asuhan yang dikelola oleh Belanda. Kemudian pada tahun 1932 bangunan ini dibeli oleh salah satu anak yatim ( Liem Seeng Tee ) dan dialih fungsikan sebagai perusahaan besar yang memproduksi rokok.

Pada ulang tahunnya yang ke 90 lebih tepatnya pada tahun 2003, fungsi kompleks ini di kembalikan dan sebagian dijadikan museum produksi rokok bergengsi ( Dji Sam Soe ).

Yang menarik di House Of Sampoerna ialah melihat secara langsung pembuatan rokok dengan peralatan tradisional dan dikerjakan oleh ribuan pekerja wanita yang sanggup membuat 350 batang rokok per jamnya. Apabila ingin melihat produksi rokok, sebaiknya datanglah pada hari Senin-Sabtu sebelum jam 15:00 WIB. Tempat ini buka setiap hari mulai dari pukul 09:00 sampai pukul 22:00 WIB.

House Of Sampoerna mempunyai agenda keliling Surabaya dengan gratis ( Surabaya Heritage Track ), sehingga para wisatawan bisa menggunakan fasilitas bus ini dari mulai pukul 09:00-10:00 WIB dan pukul 15:00-16:00 WIB.

Adapun fasilitas lainnya di House Of sampoerna ialah Ruang Pamer Galeri Seni, Kafe dan Kamar Mandi Umum. Biaya untuk tiket masuknya gratis loh!

14. Tempat Wisata Jawa Timur Park

Jawa Timur Park 1 ( Jatim Park 1 )  merupakan wahana rekreasi keluarga yang sangat lengkap, dengan 36 jenis wahana permainannya diantaranya Kolam Renang Raksasa ( berlatar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, Mpu Gandring ), Spinning Coaster, Drop Zone, dan lain sebagainya, yang menjadi tempat wisata terpopuler di Jawa Timur.

Berlokasi di Kota Batu, Jawa Timur dengan jarak kurang lebih 20 km dari Kota Malang.

Selain wahana permainan, ada juga wahana pendidikan seperti Volcano, Galeri Nusantara ( terdapat tanaman argo ), diorama binatang langka, miniature berbagai candi, serta tersedia Bioskop 4D.

Harga tiket masuk ke Jatim Park 1 pada hari Senin-Kamis sebesar Rp. 55.000 per orang, sedangkan pada hari Jum’at-Minggu Rp 75.000 per orangnya.

Kemudian ada juga Jawa Timur Park 2 ( Jatim Park 2 ), dimana tempat ini lebih mengutamakan sebagai tempat belajar dan mengusung konsep belajar Ilmu Alam, Biologi, dan Pembelajaran tentang Satwa.

Di Jatim Park 2 tersedia fasilitas imlu pengetahuan seperti Museum Satwa, Batu Secret Zoo, Pohon In Hotel. Harga tiket masuk pada hari Senin-Kamis sebesar Rp 65.000 per orang, sedangkan pada hari Jum’at-Minggu Rp 90.000 per orang.

15. Tempat Wisata Kawah Ijen di Banyuwangi

Kawah Ijen ialah Danau terbesar penghasil batu belerang, yang mempunyai pesona alam eksotik di Pulau Jawa. Gunung Ijen mempunyai ketinggian 2.368 meter dari permukaan laut. Kawah Ijen ialah danau asam yang mempunyai kedalaman -+200 meter dan luas kawahnya -+5.466 hektar.

Tempat wisata ini sudah dikenal luas oleh wisatawan domestik dan asing karena keindahannya, pada hari-hari biasa Kawah Ijen tidak pernah sepi dari pengunjung. Terlebih pada akhir pekan atau hari-hari tertentu seperti pergantian tahun baru tempat ini akan sangat ramai dikunjungi wisatawan.

Untuk mencapai Kawah Ijen akan menempuh pendakian sejauh 3 km selama kurang lebih 2 jam. Rasa lelah dan capek akan terbayar tatkala Kamu sampai di tempat ini. Kamu akan disuguhi pemandangan alamnya yang indah mempesona dengan Api Blue Fire ( fenomena alam langka ) pada salah satu sudutnya. Untuk kulinernya kebanyakan makanan khas Banyuwangi seperti Rujak Soto, Sego Tempong, Pecel Rawon, Pecel Kare, dan Rujak Bakso.

Berbagai bentuk dan macam Souvenir yang terbuat dari belerang ialah oleh-oleh khas yang bisa Kamu peroleh. HTM wisatawan domestic hari kerja Rp 5.000 / orang, hari libur Rp7.500 / orang. HTM wisatawan asing hari kerja Rp 100.000 / orang, hari libur Rp 150.000 / orang.

16. Tempat Wisata Air Terjun Madakaripura di Probolinggo

Air Terjun Madakaripura dijuluki sebagai Air Terjun Abadi / Hujan Abadi, karena air terjun ini tidak pernah berhenti. Air Terjun Madakaripura berbentuk Ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh tebingnya.

Tempat Wisata ini berlokasi di Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Air Terjun setinggi 200 meter ini merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi ke 2  di Indonesia.

Untuk menuju kelokasi bisa dari Malang ataupun Probolinggo, naik bus kearah Tongas ( mengutarakan tujuan ke air terjun ) kemudian berhenti di pertigaan Tongas, selanjutnya naik angkot.

Perjalanan dari Tongas ke pintu gerbang Madakaripura Kamu akan di suguhi pemandangan yang indah dan tidak ada tiket masuk alias gratis.

Memerlukan waktu sekitar 1 jam untuk menempuh perjalanan dari gerbang sampai ke lokasi, Setelah sampai Kamu akan melihat pemandangan yang luar biasa bertema paronama alam yang memukau ditambah hawa sejuk dan air yang bersih dan dingin.

17. Tempat Wisata Arung Jeram Songa di Probolinggo

Arung Jerang Songga tentunya sangat menarik bagi Kamu yang suka olahraga Rafting, karena di sinilah tempat dimana akan menyuguhkan pengalaman seru berpetualang arung jeram. Dengan arus sungai yang lumayan deras wisatawan baik dari wisata lokal maupun mancanegara mengaku merasa tertantang.

Tempat Arung Jeram Songga berlokasi di Desa Ranu Gendang, Tiris Probolinggo, Jawa Timur. Lebar sungai ini mencapai 5 sampai 10 meter dengan kedalaman air 1 sampai 4 meter.

Suasana alam yang asrinya mampu mengusir kebosanan. Start point bertempat di Dusun Angin-angin, Ranu Gendang. Dari awal perjalanan para wisatawan akan melihat 7 paronama air terjun dan deretan Goa Kelelawar beserta pemandangan alamnya yang alami dan terjaga.

Untuk mengarungi sungai dengan jarak 12 km biasanya dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 jam perjalanan. Sepanjang perjalanan terdapat sekitar 45 jeram yaitu Good Bye, Long Rapid, Hiu, Cucak Rowo, KPLA, Xtravaganza, The Fly Matador, Triple Ace, Pkamuwa, Batu Jenggot, Rajawali, Welcome, Inul ( karena untuk bisa melewati tantangan arung jerat tersebut para wisatawan akan bergoyang dasyat layaknya biduan Inul Daratista ), dan berbagai jeram lainnya.

18.  Tempat Wisata Pemandian Air Panas Cangar Pujon di Kota Batu

Pemandian Air Panas Canggar Pujon merupakan pemandian air panas yang sekitarnya dikelilingi pemandangan hutan yang hijau dan alami, beserta berbagai burung berkicau menambah suasana menjadi harmoni.

Sumber mata air panas ini berasal dari Gunung Welirang yang bersuhu kurang lebih 30 sampai 40 derajat Celsius, dengan aroma belerang di percaya berhasiat untuk menyembuhkan beraneka macam penyakit kulit.

Tempat Wisata ini berjarak sekitar 18 km dari pusat Kota Batu, perjalanan menuju lokasi akan mengasikkan meskipun harus melewati jalan sejauh 10 km yang berkelok-kelok dan sempit dari Junggo. Kamu akan melihat pemandangan yang indah di sepanjang jalan.

Kamu bisa berendam berjam-jam di tempat ini. Tapi bagi wisatawan yang tidak ingin berendam dapat melihat-lihat satwa hutan yang dengan bebasnya bermain seperti monyet, lutung, serta berbagai macam burung dan sebagainya. Untuk tiket masuk Kamu hanya perlu membayar Rp 6000 per orang, dan harga tiket ini berlaku baik untuk hari biasa maupun akhir pekan.

19. Tempat Wisata Goa Maharani di Lamongan

Goa Maharani mempunyai luas -+2.500 meter persegi, dengan menyuguhkan keindahan wisata bawah tanah akan berbagai bentuk stalakmit dan bebatuan yang unik. Suasana didalam Goa Maharani bagaikan istana yang di penuhi pilar-pilar penyangga dan langit-langit berukir.

Di tempat wisata ini terdapat Museum Galeri Satwa yaitu suatu tempat yang disetting bangunannya bergaya Afrika serta di penuhi oleh offset satwa dari berbagai belahan dunia yang sudah di awetkan.

Tidak ketinggalan pula Gem Stone Gallery ( Museum Batu ) yangmenyimpan berbagai koleksi batu-batuan dari berbagai penjuru dunia. Harga tiket untuk masuk ke Goa Maharani pada hari Senin-Kamis Rp 40.000 dan hari Jum’at-Minggu Rp 60.000.

20. Tempat Wisata Gunung Kelud di Kediri

Gunung Kelud mempunyai keindahan alam yang indah, yang berlokasi -+28 km dari pusat Kota Kediri. Tempat Wisata ini merupakan Gunung Berapi yang masih aktif yang mempunyai ketinggian 1731 dari permukaan laut. Untuk rute menuju ke lokasi Kamu bisa melalui jalur Pesantren-Wates-Ngancar-Desa Sugihwaras-Gunung Kelud. Selama perjalanan Kamu akan di suguhi pemandangan khas pegunungan.

Ada keunikan ketika sampai di salah satu jalan yang bernama Mysterius Road Gunung Kelud. Kamu akan terheran-heran ketika menjumpai ruas jalan yang terlihat menanjak, apabila Kamu menaruh botol air mineral dengan posisi tertidur botol tersebut akan menggelunding naik. Untuk menuju ke lokasi pengunjung hanya membayar tiket sebesar Rp 5.000 per orang.

21. Tempat Wisata Pantai Goa China di Malang

Pantai Goa China mempunyai nama asli Pantai Rowo Indah. Tapi dikarenakan dulu pernah ada seorang China yang bertapa di Goa di kawasan pantai ini, nama Rowo Indah kalah pamornya dengan Goa China. Keberadaan 3 Pulau yang berada di tengah-tengah pantai membuat pemandangan lebih indah ( Pulau Goa China, Pulau Bantengan, dan Pulau Nyonya ).

Tempat Wisata ini tidak hanya di manfaatkan untuk berlibur, tetapi banyak wisatawan yang berkemah di Pantai tersebut. Di pinggir pantai cukup rindang dengan di tumbuhi banyak pepohonan yang membuat Pantai Goa China tampak teduh dan asri.

Tak hanya populer akan keindahannya, pantai ini juga ada fenomena alam langka yakni terjadinya pertemuan gelombang bersimpangan yang tidak karuan dari arah barat, timur, dan selatan. Ombak di Pantai Goa China cukup besar, di harapkan para wisatawan berhati-hati apabila bermain di tepi pantai.

Karena besarnya ombak, tidak ada perahu nelayan yang berani berskamur di pantai ini. Terdapat berbagai fasilitas umum yang bisa di manfaatkan para wisatawan antara lain area parkir, warung makan, kamar mandi, mushola, masjid, semua tersedia hanyalah demi kenyamanan wisatawan.

22. Tempat Wisata Pantai Bajul Mati di Malang

Ketika akan sampai ke lokasi ini suara ombak yang keras akan terdengar, dikarenakan Pantai Bajul Mati tergolong Pantai Selatan. Pantai Bajul Mati ialah sebuah pantai yang letaknya di pesisir Selatan Pulau Jawa, terletak di Desa Gajahrero, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pantai yang mempunyai pasir putih dengan struktur pantainya yang curam dan lumayan dalam, sehingga para wisatawan tidak diperkenankan berenang.

Tidak perlu kecewa, karena di sebelah barat terdapat muara sungai yang bisa digunakan untuk bermain-main air dengan leluasa dengan dikelilingi bukit karang yang hijau nan indah ( seperti sebuah danau ).

Sebelum memasuki pantai, Kamu akan melewati sebuah jembatan yang panjangnya 90 meter berbentuk setengah lingkaran. Di jembatan ini Kita bisa melihat panorama pemandangan bukit-bukit karang dan luasnya lautan, tempat inilah salah satu tempat favorit para wisatawan untuk selfie.

Kurang lebih 5 menit untuk melewati jembatan itu, setelah sampai di Pantai Bajul Mati diwajibkan membayar tiket sebesar Rp 4.000 / orang. Di lokasi Pantai Bajul Mati terdapat beberapa gazebo untuk berteduh, adapula warung-warung di sekitar pantai yang menjual makan dan minuman.

23. Tempat Wisata Pantai Kondang Iwak di Malang

Pantai Kondang Iwak mempunyai keindahan dengan paronama alamnya persis dengan paronama alam di Pantai Kuta-Bali. Pantai ini mempunyai pasir putih yang bersih dengan bercampur pasir besi hitam di sepanjang pantainya.

Untuk menuju Tempat wisata ini para wisatawan bisa menggunakan transportasi umum ataupun kendaraan pribadi dengan rute perjalanan Gadang-Kepanjen-Sumbermanjing Kulon / Pagak ( Persimpangan Jalan ) Donomulyo, kemudian melanjutkan perjalanan jalan kaki -+2 km.

Suasana pantai yang tenang, nyaman beserta pemandangan alamnya yang menawan dari bibir pantai membuat Kamu rileks dan melupakan sejenak kepenatan rutinitas sehari-hari.

Bagi wisatawan yang hobi memancing ditempat ini sering dikunjungi masyarakat untuk memancing baik di pantai maupun di air payau, jadi tidak ada salahnya kalau Kita membawa alat pancing.

Walaupun pantai ini indah sekali tetapi kebanyakan wisatawan tidak mengetahui keberadaannya karena minimnya pormosi.

24. Tempat Wisata Kebun Apel di Kota Batu Malang

Sangatlah menyenangkan liburan sambil memetik buah apel segar yang berada di Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Saking menariknya para wisatawan dari berbagai daerah di nusantara, bahkan wisatawan asing ( Asia dan Eropa ) terus berdatangan.

Dengan membayar Rp 20.000 per orang, Kamu bisa memakan buah apel sepuasnya. Kemudian kalau pengunjung ingin membawa pulang buah apel untuk oleh-oleh, buah ini dijual seharga Rp 15.000-Rp.20.000 tergantung jenis dan ukurannya.

Buah apel kini telah menjadi ciri khas Kota Batu sehingga membuat berkembangan perkebunan apel sebagai tempat wisata oleh masyarakat setempat. Tempat yang berada di Kota Batu Malang ini sekarang telah menjadi tempat wisata favorit, perkebunan apel dengan suasana asri nan sejuk dan di kelililingi oleh gunung yang elok nan rupawan membuat para wisatawan merasa nyaman serta merefresh diri dari kebosanan aktifitas sehari-hari.

25. Tempat Wisata Batu Secret Zoo di Malang

Batu Secret Zoo merupakan kebun binatang yang modern, terawat, bersih serta tertata rapi dengan luas kurang lebih mencapai 15 hektar.  Kebun binatang ini mulai dibangun pada akhir tahun 2008 bersamaan dengan Jawa timur Park 2  dan diresmikan oleh President SBY pada tahun 2010  lalu.

Di tempat ini terdapat berbagai macam koleksi hewan dari berbagai belahan dunia, yang beberapa di antaranya sudah mulai punah. Tak hanya berjelajah di kebun binatang, Kamu juga dapat menikmati berbagai Wahana Batu Secret Zoo Malang yaitu Fantasy Land yang didalamnya terdapat berbagai permainan seperti Brigade Mobil Pemadam, Animal Show, Safari Car, Safari Farm, Kolam Renang anak-anak bertemakan tokoh kartun Toy Story, dan berbagai wahana lainnya. Alamat tempat wisata kebun binatang Batu Secret Zoo berlokasi di Jalan Oro-Oro Ombo No. 9, Batu, Malang, Jawa Timur.

26. Tempat Wisata Candi Penataran di Blitar

Candi Penatataran merupakan sebuah candi berlatar belakang Agama Hindu yang diperkirakan telah ada sejak zaman kerajaan Kediri dan masih digunakan sampai masa kerajaan Majapahit. Candi Palah, nama lain dari Candi Penataran ialah kumpulan kompleks candi terluas di Jawa Timur dengan ketinggian 450 meter. Di lokasi ini terdapat beberapa candi dengan ukuran dan bentuk yang berbeda.

Apabila Kita masuk ke kompleks Candi Penataran, serasa sedang berada di sebuah perkampungan di masa kerajaan jaman dahulu.

Candi Penataran terletak di sebelah utara Kota Blitar yang mana berjarak sekitar 10 km dari makam Presiden Soekarno. Dengan keberadaannya di pedesaan, Candi Penataran mengusung konsep wisata budaya dengan keramahan masyarakat lokal khas Kabupaten Blitar.

Terdapat beberapa fasilitas yang mungkin Kamu butuhkan di tempat wisata tersebut yaitu kamar mandi, warung makan / ngopi , changer Hp, dan lain sebagainya. Untuk tiketnya Kamu cukup membayar Rp 3.000 per orang, Rp 5.000 parkir motor, dan Rp 10.000 parkir mobil.

27.  Tempat Wisata Petilasan Monte di Blitar

Petilasan Monte yakni tempat wisata alam dengan adanya telaga, candi, petilasan, dengan suasana sejuk alami diimbangi dengan pepohonan yang rindang dan hijau membuat tempat ini cocok untuk bersantai. Dipinggir telaga tersedia sebuah gazebo untuk beristirahat sambil menikmati keindahan alam di sekitar telaga.

Keindahan Lokasi wisata Petilasan Monte ini akan bertambah dengan pantulan air telaga yang jernih kehijauan.

Para pengunjung dilarang keras untuk berenang di area telaga yang di yakini berisi ikan Dewa. Apabila tetap ingin berenang, maka Kamu bisa menggunakan kolam khusus yang tersedia bagi pengunjung untuk berenang sambil menikmati hijaunya alam di Tempat Wisata tersebut.

Untuk menuju ke lokasi ini Kamu bisa menggunakan rute dari Blitar Kota menuju timur-Malang-Garum-Talun-Wlingi-menuju arah Desa Semen-Tulungrejo-Krisik.

Ada beberapa ongkos yang harus dikeluarkan untuk bisa menikmati keindahan di tempat ini, yaitu tiket masuk Rp 3.000 per orang untuk orang dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak. Lalu bagi rombongan akan mendapatkan diskon 15% dengan jumlah minimal rombongan sebanyak 25 orang. Sedangkan biaya untuk parkir ongkosnya Rp 3.000 untuk bus, dan Rp 2.000 untuk mini bus dan mobil.

28. Tempat Wisata Pantai Klayar di Pacitan

Pantai Klayar mempunyai berbagai keindahan alam yang menakjubkan. Di sini Kamu dapat menemukan pesona dan keistimewaannya berupa hamparan pasir yang putih, karang raksasa seperti sphinx, bermacam-macam karang dan air mancur alami dengan ketinggian mencapai 10 meter.

Pantai Klayar mempunyai banyak tebing, dan beberapa diantaranya bolong karena terjangan ombak yang lumayan besar. Oleh sebab itu para pengunjung disarankan agar tidak berenang di pantai ini mengingat untuk keselamatan.

Tidak hanya paronamanya yang unik, ditempat ini Kamu akan menjumpai fenomena yang unik dimana terdapat cekungan yang ada pada bagian bawah tebing. Ketika cekungan ini diterjang ombak, maka air laut keluar menyembur ke permukaan melalui sela-sela bebatuan dan menghasilkan bunyi yang indah seperti bunyi seruling.

Diwaktu senja datang, suasana sunset di Pantai Klayar di Pacitan sungguh menawan. Sejauh mata memandang, Kamu akan mendapati keindahan paronama pantai yang tak terlupakan.

Untuk tiket masuk Kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 3000 per orang untuk orang dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak. Alamatnya berada di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

29.  Tempat Wisata Goa Gong di Pacitan

Pesona Goa Gong di Pacitan ialah Goa terindah yang populer serta mendapat predikat Wisata Goa terindah se-Asia tenggara. Di dalam goa terdapat stalakmit dan stalagmit berumur ratusan tahun yang indah. Panjang Gua ini sekitar 256 meter dimana membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam untuk menjelajahinya. Tempat Wisata ini berada di Dusun Pule, Desa Bromo , kecamatan Punung Kota Pacitan, jawa Timur.

Bagi Kamu yang ingin melihat atau menikmati pesona keindahan Goa Gong di Pacitan yang kaya akan keunikannya, Kamu harus membayar tiket untuk bisa masuk kedalamnnya sebesar Rp 5.000 per orang.

Disaat menyusuri Goa gong, Kamu akan diajak ke tangga dan menyaksikan berbagai pemandangan Gong Cave, Shawl Drappery ( stalaktit yang meneteskan air ), rekahan endapan kalsium, dan tetesan air di ujung-ujung goa yang membentuk danau kecil.

30. Tempat Wisata Taman Nasional Baluran di Situbondo

Taman Nasional Baluran ialah perwakilan ekosistem hutan yang terdiri dari tipe Vegetasi Savana, Hutan Musim, Hutan Mangrove, Hutan Pantai, Hutan Pegunungan Bawah, Hutan yang selalu hijau dan Hutan Rawa. Luasnya 25 hektar dengan ditumbuhi sekitar 445 jenis tumbuhan , 26 jenis mamalia dan 155 jenis burung.

Tempat Wisata ini terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyu Putihh, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Sesampainya di pintu gerbang TNB, Kita harus membayar distribusi / tiket di pos jaga sebesar Rp 5.000 per orang dan Mobil sebesar Rp 10.000.

Dari pintu gerbang TNB, Kamu masih harus menempuh perjalanan kurang lebih 12 km untuk mencapai Padang Savana Bekol. Selama perjalanan Kamu akan di sambut hujan musiman yang sangat hijau pada musim penghujan dan akan kering / rawan kebakaran pada musimm  kemarau.

Akhir Kata

Jawa Timur memang memiliki berbagai destinasi wisata yang selalu menggelitik jiwa jalan – jalan kita. Semoga informasi di atas bisa membantu kamu untuk menentukan ke tempat wisata mana di Jawa Timur yang akan Kamu kunjungi.

Tinggalkan komentar