34 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Sangat Menyenangkan dan Menawan

Provinsi Jakarta ialah Ibu Kota negara Republik Indonesia dan adalah kota metropolitan terbesar di Asia Tenggara. Selain itu, jakarta juga adalah tempat berdirinya kantor-kantor pusat BUMN, perusahaan swasta maupun perusahaan asing. Pastinya dalam banyangan kalian ialah macet, banjir, polusi atau kebisingan rutinitas yang padat Kota Metropolitan. Tetapi jangan salah tafsir dulu, walaupun demikian Jakarta mempunyai daya pikat dan daya magnet untuk mendatanginya. Dengan dibekali dengan infrastruktur yang modern, siapa saja bisa dengan mudah menemukan berbagai tempat  wisata di Jakarta.

Kota jakarta tidaklah seburuk yang dibayangkan, banyak dijumpai wisata alam buatan ataupun wisata buatan, tempat nongkrong, tempat  historis, hiburan modern, hingga tempat  wisata kuliner dan oleh-oleh khas Jakarta yang merupakan sejumlah hal yang menyenangkan. Dihimpun dari banyaknya sumber informasi, dibawah ini ada beberapa tempat wisata di Provinsi Jakarta yang patut kamu kunjungi.

Rekomendasi Tempat Wisata di jakarta

1. Tempat Wisata Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara dan menjadi salah satu heritage Islam di Nusantara yang berdiri kokoh di area bekas reruntuhan Benteng milik Belanda di Taman Wilhelmina Jakarta.

Ketika memasuki wilayah wisata hiritage Jakarta di Masjid Istiqlal, sejauh mata memandang akan melihat taman yang rapi di depan pintu utama masjid. Tempat Wisata Masjid Istiqlal mempunyai gaya arsitektur Islam modern internasional yang menggunakan bentuk-bentuk geometri sederhana seperti kubus, persegi, dan kubah bola berukuran raksasa.

Tak hanya untuk tempat ibadah, Masjid Istiqlal juga menjadi tempat  wisata religi, pusat pendidikan, serta pusat aktivitas syiar islam. Saat berkunjung, para jamaah maupun wisatawan dapat melihat keunikan bangunan masjid yang adalah campuran dari arsitektur Indonesia, Timur Tengah, dan Eropa yang sangat megah.

2. Tempat Wisata Tugu Monas ( Monumen Nasional )

Tugu Monas ( Monumen Nasional ) adalah monumen peringatan setinggi 132 meter atau 433 kaki yang didirikan guna mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari kolonial Hindia Belanda. Pembangunannya dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah pemerintah presiden Sukarno, dan pada tanggal 12 Juli 1975 dibuka untuk umum.

Tempat Wisata Tugu Monas dimahkotai lidah api berlapis lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang membara. Monumen ini berlokasi di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Monumen beserta museum disini dibuka setiap hari mulai dari pukul 08:00 – 15:00 WIB, dan pada hari Senin pekan akhir setiap bulannya di tutup untuk umum. Di bagian dasar monumen yang tepatnya didalam 3 meter di bawah permukaan tanah, terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia. Mempunyai luas 80 x 80 meter yang dapat menampung pengunjung sebanyak 500 orang.

3. Tempat Wisata Museum Bank Indonesia

Lokasi Tempat Wisata Museum Bank Indonesia berada di Jl. Pintu Besar Utara No. 3, Jakarta Barat atau depan stasiun Bus Kota. Didalam Museum ini menyajikan informasi peran Bank Indonesia mengenai perjalanan sejarah bangsa.

Penyajiannya dikemas dengan memanfaatkan teknologi modern dan multimedia seperti display elektronik, televisi plasma, panel statik dan diorama. Tak hanya itu saja, tetapi terdapat pula fakta dan koleksi benda bersejarah pada masa dimana sebelum terbentuknya Bank Indonesia, yakni pada masa kerajaan-kerajaan Nusantara yang berupa koleksi uang numismatik dengan ditampilkan secara menarik.

Tempat wisata yang satu ini dibuka setiap hari kecuali hari Senin dan hari libur nasional serta tidak dipungut biaya ketika mengunjunginya.

4. Tempat Wisata Museum Fatahillah Jakarta

Museum Fatahillah Jakarta dengan nama resminya Museum Sejarah jakarta ialah sebuh museum yang berlokasi di Jl. Taman Fatahillah No. 1, Jakarta Barat yang luas bangunannya lebih dari 1.300 meter persegi. Sejarahnya, gedung ini adalahBalai Kota Batavia VOC yang dibangun pada tahun 1707-1710 dibawah pemerintah Gubernur Jendral Johan van Hoorn.

Dan pada tanggal 30 Maret 1974, bangunan ini diresmikan sebagai Museum Fatahillah. Koleksi yang dapat kamu temui di museum ini ialah perjalanan sejarah Jakarta, replika peninggalan masa Tarumanegara dan  Pajajaran.

Adapun hasil penggalian arkeologi di Jakarta berupa meubel antik dari abad ke 17 sampai 19, yang mana adalah perpaduan dari gaya Eropa, Republik Rakyat Tiongkok, dan Indonesia. Tak ketinggalan pula museum ini juga menyimpan berbagai koleksi tentang kebudayaan Betawi, numismatik, dan becak.

Satu lagi, di Museum Fatahillah juga terdapat bekas penjara bawah tanah yang dulunya digunakan pada zaman penjajahan Belanda.

5. Tempat Wisata Museum Nasional Republik Indonesia

Museum Gajah ialah museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara yang letaknya di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Tempat Wisata Museum ini banyak menyimpan koleksi benda-benda kuno dari seluruh Nusantara. Didalamnya termasuk arca-arca kuno, prasasti, benda-benda kuno lainnya dan barang-barang kerajinan.

Di website Museum Nasional Republik Indonesia pada tahun 2001 tecatat ada 109.342 buah koleksi. Jumlah koleksi tersebut yang membuat Museum Nasional dikenal sebagai museum yang terlengkap di Indonesia.

Walaupun dalam kenyataannya hanya sepertiganya saja yang bisa diperlihatkan oleh pengunjungya. Diantara banyaknya koleksi tersebut ada koleksi yang menarik yaitu patung Bhairawa, patung ini ialah patung yang tertinggi di Museum Nasional dengan tingginya 414 cm.

6. Tempat Wisata Museum Wayang

Sangat sesuai dengan namanya, Museum Wayang hanya mengoleksi bermacam-macam jenis dan bentuk wayang dari seluruh Indonesia. Hingga saat ini kurang lebihnya telah mengoleksi wayang sebanyak 4.000 buah wayang yang terdiri dari wayang kulit, wayang golek, wayang rumput, wayang kardus, wayang beber, boneka, topeng, serta gamelan.

Pada umumnya boneka-boneka yang dikoleksi di Museum Wayang berasal dari Eropa, Thailand, Suriname, Tiongkok, Vietnam, India dan Kolombia.

Secara periodik diselenggarakan juga pegelaran wayang pada minggu 2 dan ke-3 setiap bulannya. Pada tanggal 7 November 2003 , PBB telah mengakui wayang Indonesia sebagai warisan dunia yang layak dilestarikan. Tempat Wisata Museum Wayang ini berlokasi di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27, Jakarta Barat.

7. Tempat Wisata Museum Layang-Layang Jakarta

Berawal dari tahun 1970-an, ketika seorang bernama Ibu Endang Ernawati pertama kali membeli layang-layang dari AS dan mulai saat itulah beliau cinta pada permainan tersebut. Menurutnya mainan layang-layang sangat indah ketika terbang di udara dan ingin lebih banyak mengoleksinya.

Seiring hobinya yang terus berkembang, tepanya di tahun 1988 Ibu Endang Ernawati mendirikan Merindo & Gallery guna membentuk wadah para pelayang yang kerap kali mengadakan festival layang-layang.

Di Bumi Serpong , Tangerang ialah dimana diadakannya Festival Layang-Layang Internasional pertama kalinya. Belum puas dengan Merindo & Gallery, beliau membeli sebidang tanah dekat rumahnya untuk dibuat Museum Layang-Layang.

Maka pada tanggal 21 Maret 2003 didirikan Museum Layang-Layang Indonesia yang berlokasi di Jl. H. Kamang No. 38, Jakarta Selatan. Dengan adanya museum ini, banyak menggugah para pelayang Indonesia untuk memberikan sumbangan layang-layang.

Sekarang ini jumlah koleksinya hingga berjumlah ratusan yang terdiri dari layang-layang kreasi, tradisional, olahraga dan juga layang-layang dari mancanegara.

8. Tempat Wisata Taman Impian Jaya Ancol

Ini dia, tempat wisata di Jakarta Utara sebagai komunitas pembaruan kehidupan masyarakat yang menjadi kebanggaan bangsa. Wilayah ini akan senantiasa menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik dengan cara melalui sajian hiburan berkualitas yang terdiri dari seni, budaya serta pengetahuan.

Di awal berdirinya pada tahun 1966, Taman Impian Jaya Ancol atau Ancol sudah mempunyai tujuan sebagai sebuah wilayah wisata terpadu oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Tempat Wisata disini dikelola oleh PT. Taman Impian Jaya Ancol ( TIJA ) yang mencakup pengelolaan wilayah pariwisata rekreasi dan resort serta kegiatan usaha penunjang, seperti; konveksi, entertainment dan wisata belanja.

PT. Taman Impian Jaya Ancol telah mengelola area pariwisata terintegasi seluas 552 hektar di dekat pantai terbaik di Jakarta dengan akses yang begitu mudah terjangkau melalui jalan tol, busway maupun kereta api.

9. Tempat Wisata Dufan (Dunia Fantasi )

Dengan berbekal area seluas 9 hektar, terdapat berbagai bermacam wahana menarik yang patut untuk dikunjungi. Di dalam wilayah Dufan terbagi menjadi beberapa spot dengan backgrond dari negara-negara besar di dunia seperti Eropa dan Ameria, serta Indonesia sendiri.

Disetiap spot selalu ada sejumlah wahana bermain yang cukup lengkap, seperti kolam renang raksasa dan bermacam-macam fasilitas hiburan yang seru lainnya.

Dufan menjadi tempat berlibur favorit keluarga, jadi tidak ada salahnya berkunjung dan menikmati segala wahana hiburan yang siap menyenangkan anggota keluargamu. Di wilayah Dufan terdapat maskot kera bekatan , guna untuk mengingatkan bahwa daerah tersebut dulunya ialah wilayah kera.

10. Tempat Wisata Sea World Ancol

Wilayah wisata ini masih di Ancol yang mempunyai banyak sekali koleksi hewan sebanyak 22.00 ekor ( 126 jenis ), 28 reptil ( 5 jenis), hingga biota laut yang terdiri dari 5180 ekor ikan ( 26 jenis), 79 avertebrata ( 13 jenis ) dan 1 mamalia.

Dilihat dari manfaatnya, memang tempat ini kaya akan manfaat sehingga tak sepi dari pengunjung. Tidak salah jika kamu bersama keluarga liburan ke Sea World Ancol, pengalaman dan sensasi baru akan kamu dapatkan.

Pengunjung akan lebih mengenal beragam jenis ikan dengan ukuran serta bentuk yang berbeda. Tentunya bisa membuat kepenatan akibat aktivitas sehari-hari akan kabur secepat mungkin.

11. Tempat Wisata Ocean Ecopark

Tempat wisata yang satu ini juga menjadi tempat favorit berlibur di Jakarta yakni menjadi spot terpopuler diadakannya konser ataupun party artis-artis dari dalam maupun luar negeri. Bagi kamu yang hobi memancing, baru-baru ini Ocean Ecopark telah meluncurkan sebuah program Ecofishing guna untuk menyalurkan hobimu.

Tak hanya itu saja, di wilayahnya anak-anak akan diajarkan back to nature yaitu belajar menanam, bersepeda, serta top-tree walking di alam terbuka ( green lifestyle).

Adapun rumah lebah, kano, paintball dan tak ketinggalan outboundholic. Oh iya ternyata ada juga eco-market dimana para pengunjung bisa membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang.

12. Tempat Wisata Atlantas Water Adventure

Menyajikan banyak sekali wahana permainan air bernama fasilitas Crazy Highest Longest Slide yang mempunyai 13 jenis permainan dan 8 kolam utama. Sebab itulah banyak sekali pengunjung yang datang bersama keluarga untuk menikmati segala permainannya.

Tempat wisata ini beroperasi dari hari Senin – Jum’at mulai dari jam 08:00 – 18:00 WIB.

13. Tempat Wisata Ice Skating Di Sky Rink

Meskipun negara Indonesia termasuk daerah tropis, tetapi kita masih bisa menikmati permaianan sky dan ice skating di Mall Taman Anggrek Jakarta. Tercatat arena ice skating terluas di Asia Tenggara ini adalah konsep pariwisata unik dan belum ditemukan di kota lainnya, dengan menghadirkan permainan meluncur di es yang berada di wilayah tropis.

Agar bisa menikmati keseruannya, pengunjung diwajibkan membayar tiket seharga RP 65.000 per orang di hari biasa. Ketika saat akhir pekan atau hari libur diharuskan membayar sebesar Rp 85.000 per orang untuk 2 jam bermain.

14. Tempat Wisata Kidzania

Tempat Wisata Kidzania yang ada di Jakarta ialah sebuah theme park atau bisa disebut kotanya anak-anak dengan berkonsep unsur pendidikan dan hiburan ( edutainment ) pertama di Asia Tenggara, untuk anak-anak yang berusia dari 2 sampai 16 tahun.

Tempat ini dirancang khusus menyerupai replika sebuah kota yang sesungguhnya lengkap dengan jalan raya dan berbagai fasilitas kota.

Di wilayah replika kota inilah anak-anak bisa memainkan peran sebagaimana profesi orang dewasa seperti halnnya polisi, pilot, dokter, ilmuwan dan lain sebagainya. Kidzania menempati ruang seluas 7.500 meter persegi yang berlokasi di Pasific Place Mall lantai 6, Wilayah Niaga Terpadu, Jalan Jenderal Sudirman Kav 52-53, Jakarta dan mampu menampung pengunjung sebanyak 1.800 orang dalam 1 shift.

15. Tempat Wisata Grand Indonesia Mall

Sebuah mall di Jakarta yang dibuka untuk umum pada tahun 2008 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tempat Wisata Grand Indonesia Mall menjadi pusat perbelanjaan yang beralamatkan di Jalan M.H. Thamrin No. 1, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Disini Kamu bisa berwisata belanja sepuas mungkin!

Di dalam wilayah Gran Indonesia juga terdapat sebuah wahana Magic Fountain Show, air mancur menari dan tempat bernyayi yang dipertunjukkan setiap hari dengan dilengkapi pertunjukkan kebyaran lampu warna-warni, musik serta tarian air mancur yang mengagumkan.

Lebih jelasnya, Grand Indonesia ialah Family Friendly Lifestyle Mall yang berkonsep menyediakan seluruh kebutuhan keluarga didalam satu tempat.

16. Tempat Wisata Taman Mini Indonesia Indah ( TMII )

Taman Mini Indonesia Indah ( TMII ) mempunyai tema budaya Indonesia yang ada di Jakarta Utara, dengan luasnya sekitar 1,5 kilometer persegi atau 150 Ha. Didalamnya mencakup rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat di 26 provinsi Indonesia pada tahun 1975.

Beberapa tampilan di dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, serta menampilkan bermacam busana, tarian, serta tradisi daerah. Tak hanya itu, ditengah-tengah taman tersebut ada sebuah danau yang mana di tengah danau terdapat gambaran miniatur kepulauan Indonesia, kereta gantung, museum-museum, juga Teater Tanah Airku dan Teater IMAX Keong Emas.

Oleh sebab itu tempat wisata  Taman Mini Indonesia Indah menjadi tempat berbagai sarana rekreasi, menjadikannya sebagai salah satu wilayah wisata yang terpopuler di Provinsi Jakarta.

17. Tempat Wisata Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Siapa sangka bahwa di Jakarta juga terdapat wilayah wisata hutan Mangrove, memang benar di Taman Wisata Alam Angke Kapuk menyajikan Hutan Mangrove yang sangat sejuk. Tempat  wisata ini lebih dikenal dengan sebutan Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk, sebab lokasinya yang berada di Jalan Kamal Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Tempat ini adalah salah satu wilayah konservasi alam yang berekosistem mangrove di areal tanah seluas sekitar 99.85 Ha. Di wilayahnya para Pengunjung bisa merasakan udara sejuk serta pemandangan hijau. Tak hanya untuk pencegah erosi, hutan ini juga berfungsi sebagai wisata alam dan edukasi bagi para pengunjungnya untuk lebih mengenal tumbuhan mangrove serta penyelamatan lingkungan.

Pada saat berada di lokasi, Kalian akan mendapati sebuah jalan berbahan kayu dan bambu dimana akan mengantarmu untuk berkeliling. Adapun cara lainnya dengan cara menggunakan boat berkapasitas 6 – 8 orang penumpang. Terdapat pula camp ground maupun villa guna disediakan bagi para pengunjung yang ingin menikmati suasana malam di tempat wisata nan harmoni ini.

18. Tempat Wisata Taman Bunga Widya Mandala Krida Bakti Pramuka Cibubur

Pasti tak asing lagi di telinga dengan taman yang berlokasi di seberang Cibubur Junction atau tepatnya di Jl. Jambore I, Jakarta Timur, DKI Jakarta. Ketika menginjakkan kaki ke gerbang Taman Bunga yang di tumbuhi beberapa pohon beringin besar dan air mancur yang menjadi ciri khasnya. Didalamnya juga tak mau ketinggalan dilengkapi dengan wahana permaianan anak-anak yang siap menghibur.

Tersedia pula wahana permainan air sederhana yang bisa di gunakan bersama keluarga tercinta. Oh iya, taman bunga ini juga menyediakan ruangan-ruangan terbuka yang bisa kamu pergunakan untuk melakukan pertemuan keluarga, warga, kegiatan keagamaan, dsb. Meskipun sangat sederhana, tak ada salahnya untuk mengunjungi taman kota ini pada weekend selanjutnya.

19. Tempat Wisata Taman Suropati Jakarta

Bingung mencari tempat nongkrong yang enak dan asyik buat menghabiskan malam minggu maupun weekend di Jakarta? Suatu pilihan yang bisa kamu pilih tepat berada di Taman Suropati yang berlokasi di wilayah elit Menteng, Jakarta. Dengan rindangnya pepohonan pada suatu taman yang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda.

Oke lanjut lagi, tepatnya di antara jalan Diponegoro, Jalan Teuku Umar, dan jalan Imam bonjol adalah ruang terbuka nan hijau yang sangat di rawat oleh Pemerintan DKI Jakarta. Agar bisa sampai ke tempat ini, kamu bisa menumpang kereta Commuter Line dan turun di stasiun Cikini kemudian jalan menuju ke arah jalan Surabaya atau bisa menggunakan kendaraan pribadi.

20. Tempat Wisata Puncak Perkebunan Teh Cisarua Bogor

Jalur akses perjalanan perkebunan teh Cisarua sangat terkenal dengan pesona pemandangan alam yang menajubkan. Udara segar dan bersih serta pemandangan alam yang hijau nan asri, membuat setiap pengunjungnya dapat menikmati ketenangan bersama keluarga maupun kerabat. Sebab itulah pemandangan alam perkebunan di antara daratan berundak ini sangat padat oleh wisatawan di waktu akhir pekan ataupun liburan.

Dengan terdukung dengan hamparan perkebunan teh yang luas, jalur trekking yang terlihat jelas di antara kotak-kotak tanaman teh nan rapi sangat dominan untuk melakukan aktivitas tea walk dan juga sepeda gunung.

Di wilayah wisata ini juga terdapat tempat  Agrowisata Gunung Mas, lokasi tersebut kerap kali dijadikan tujuan wisata agribisnis, bagi pelajar, dan kegiatan masyarakat untuk mempelaajari pengelolaan serta pembuatan teh.

Bagi kamu yang ingin sekedar menikmati suasana udara alam segar dan indahnya pemandangan di wilayah perkebunan teh, bisa menikmati jajanan lokal yang ada di sepanjang jalur puncak. Disini banyak rumah makan atau restaurant yang menyediakan view pemandangan alam.

21. Tempat Wisata Bumi Perkemahan Karang Kitri

Lokasi perkemahan yang satu ini mempunyai paronama alam yang sangat indah dan sangat cocok jikalau digunakan untuk tempat camping dari kegiatan sekolah, pramuka maupun kegiatan liburan keluarga. Keistimewaan berkemah disini ialah kelengkapan peralatan kemah yang baik serta ada juga petugas yang siap membantu mendirikan tenda.

Kegiatan kemah bisa diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, seperti menjelajah dan mengelilingi area bumi perkemahan serta mengamati bermacam jenis tumbuhan.

Pada saat malam kegiatan yang sangat populer ialah membuat api unggun yang di isi dengan penampilan karya dari masing-masing peserta kemah. Tempat Wisata Bumi Perkemahan Karang Kitri beralamatkan di Desa Karang Mulya,Kecamatan Bojong Mangu, Kabupaten Bekasi.

22. Tempat Wisata Kebun Binatang Ragunan

Berada di Daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Indonesia, Kebun binatang ini mempunyai luas 140 hektar yang didirikan pada tahun 1864 yang didalamnya terdapat koleksi binatang yang terdiri dari 295 spesies dan 4040 spesimen. Tidak Cuma binatang yang ada di dalamnya, tetapi juga banyak terdapat tumbuhan besar yang membuat suhu disekelilingnya menjadi sejuk.

Agar terus bisa menarik wisatawan, Kebun Binatang Ragunan kini mempunyai Pusat Primata Schmutzer yang adalah pusat pelestarian primata terbesar di dunia. Serunya, pada akhir pekan atau hari libur nasional Kebun Binatang Ragunan rutin mengadakan berbagai macam atraksi binatang seperti menaiki gajah, tarian ular dan lain-lain.

Dengan area yang cukup luas, cara tepat untuk melihat sekeliling ialah dengan menaiki kereta wisata yang sudah disediakan. Dengan biaya operasional yang terbilang murah, tempat wisata satu ini tak pernah sepi dari pengunjung.

23. Tempat Wisata Kota Tua Jakarta

Dikenal juga dengan sebutan Batavia Lama ( Oud Batavia ), tempat ini ialah sebuah wilayah kecil seluas 1,3 km persegi melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Wilayah ini dijuluki “ Ratu dari Timur” dan “Permata Asia” oleh pelayar Eropa di abad ke-16, serta di anggap sebagai pusat perdagangan Benua Asia yang disebabkan lokasinya yang strategis dan sumber daya melimpah.

Wilayah Kota Tua Jakarta mempunyai bangunan – bangunan tua peninggalan penjajahan Belanda dengan gaya arsitektur khas belanda yang unik. Hingga kini Pemerintah Kota Jakarta mempertahankan kondisi bangunan ini sebagaimana aslinya dan melakukan perbaikan.

Di tengah – tengah wilayah ini terdapat area terbuka yang disetiap akhir pekan selalu dijadikan tempat kegiatan seni dan budaya. Tak hanya  itu, di dalam wilayah Kota Tua Jakarta para pengunjung juga bisa berwisata belanja barang-baranag yang dijual pedagang kaki lima maupun berkeliling dengan menyewa sepeda onthel.

24. Tempat Wisata Pasar Tanah Abang

Kalau ingin belanja eceran atau grosir, kalian bisa mendapatkan harga super kompetitif di sini. Maka tak mengherankan memang, jikalau Pasar Tanah Abang dinobatkan sebagai pasar tekstil terbesar di Asia Tenggara. Dengan dibekali area yang luas sehingga mampu menumpang ribuan pedagang yang siap memanjakan jutaan orang yang belanja.

Letaknya yang sangat setrategis, yakni di Jalan K.H Mas mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat ini bisa diakses dari berbagai macam arah. Tempat Wisata Pasar raksasa yang sudah ada sejak tahun 1735 ini tidak pernah sepi pengunjung. Sangat searah apabila kamu berminat bisnis fashion, tak hanya produknya masih fresh, model yang selalu dinamis,harga rendah dalam pembelian jumlah banyak, sehingga sangat berpotensi mendapat untung yang menggiurkan.

Bahkan negara-negara di Afrika, Inggris, Singapura, Malaysia, dan negara dari Timur Tengah banyak yang berbelanja grosir di Pasar Tanah Abang, sebab tak hanya produknya beraneka ragam, pembeli juga bisa memesan barang dalam jumlah banyak.

25. Tempat Wisata Pasar Taman Puring

Satu lagi tempat wisata belanja di Jakarta, Pasar Taman Puring ialah surganya sepatu KW. Pasar ini mempunyai dua sisi muka yakni satu sisi menghadap Jl. Kayai Maja dan yang lainnya menghadap Jl. Gandaria 3.

Dari sisi pertama Kamu dapat dengan leluasa melihat kios-kios yang menjual sepatu, serta di sisi Jl. Gandaria 3 ada ratusan kios AUDIO MOBIL yang cukup lengkap. Audio perlengkapan mobil dari merk china hingga barang branded bisa dengan mudah Kita temui, dengan harga miring.

Setelah masuk kedalam pasar, terdapat ratusan kios penjual sepatu imitasi atau KW berbagai kelas dan merk, seperti; sepatu gunung, sepatu kulit, sepatu futsal, hingga sepatu gaul anak muda.

26. Tempat Wisata Pasar Seni

Tempat Wisata Pasar seni yang berada di Ancol ialah tempat dimana berkarya, pementasan, tempat pameran, kegiatan kesenian, juga tempat penjualan benda-benda. Banyak ratusan kios yang menggelar aneka barang hasil seni dari tradional hingga kontemporer, kerajinan dan juga suvenir.

Koleksi kain tenun dan batik juga tak kalah menariknya serta bermacam aksesoris yang tebuat dari berbagai bahan.

Tepatnya di Tengah Pasar Seni terdapat tempat terbuka yang terlengkapi dengan plaza dan panggung kesenian. Di panggung inilah dipentaskan beraneka kesenian mulai dari klasik hingga kontemporer, tradisional ataupun modern yang mana kelompok pementasannya berasal dari dalam maupun luar negeri.

27. Tempat Wisata Pecinan Glodok Jakarta

Tempat Wisata Pecinan Glodok ialah sebuah wilayah yang dikenal sebagai China Town didalam kamus internasional. Wilayah Pecinan adalah titik konsentrasi bagi para etnis Tionghoa pada masa dahulu ketika merantau dan mendiami sebuah daerah.

Tempat Wisata Pecinan Glodok Jakarta ialah pecinan terbesar di Indonesia dan menjadi salah satu mesin penggerak ekonomi Jakarta sejak dulu hingga sekarang.

Sepintas mungkin tidak menarik sebagai tempat wisata, cobalah menyusurinya dan menikmati romantisme masa lalu di area tersebut. Jujur dan percayalah bahwa wilayah Pecinan Glodok yang masih bernuansa masa lalu tersebut selalu menarik untuk diabadikan dalam lensa kamera.

Secara administratif Wilayah Pecinan Glodok masuk dalam area Kota Tua Jakarta. Ketika Pengunjung berada di wilayahnya, pesona yang dimiliki masih berjalan dengan baik dan tempat ini menjadi pusat perdagangan elektronik hingga kuliner menarik dengan cita rasa khas Tionghoa.

28. Setu Babakan Jakarta

Setu Babakan Jakarta ialah sebuah wilayah kampung Betawi yang mempunyai wahana eduksi budaya betawi seperti pagelaran seni, tradisi, serta kuliner tradisional. Di wilayahnya juga ada sebuah danau buatan nan luas, dimana pengunjung bisa menikmati semua wahana permainan air yang sudah disediakan pihak pariwisata setempat.

Nah ada juga tempat pembuatan kain batik khas Betawi. Di tempat inilah Kita akan melihat masyarakat Betawi mempunyai sebuah hasil produksi batik dengan motif dan karakter yang khas. Wilayah Setu Babakan tak hanya sebagai tempat rekreasi dan hiburan saja, tetapi bisa dijadikan sebuah wahana edukasi sebagai bentuk wujud nyata menjaga, melestarikan dan memperkenalkan nilai seni budaya tradisi masyarakat lokal Betawi.

29. Tempat Wisata Kepulauan Seribu

Tak dapat dipungkiri bahwa Indonesia ialah negara kepulauan yang mempunyai keindahan serta kekayaan alam bahari nan menakjubkan. Salah satunya kekayaan alam bahari yang ada di Utara Kota Jakarta yakni Kepulauan Seribu. Kepulauan tersebut adalah gugusan pulau yang terbentuk secara alami.

Banyak sejarah serta keindahan alam yang menjadikan wilayah ini menjadi wisata terfavorit di Jakarta, terbukti selalu ada wisatawan yang berkunjung di setiap harinya bahkan akan ramai di hari libur atau weekend. Dengan dibekali keindahan alam serta fasilitas yang cukup memuaskan, Kepulauan Seribu menjadi tujuan utama para wisatawan lokal maupun mancanegara.

30. Tempat Wisata Pulau Bidadari

Sebuah resort wisata di wilayah Pulau Seribu yang berjarak paling dekat, sekitar 15 km atau 30 menit perjalanan menggunakan speedboat dari Marina Ancol. Pulau ini mempunyai cottage darat dan terapung, dimana para pengunjungnya akan dimanjakan indahnya pemandangan pepohonan dan deburan ombak tepi pantai yang menenangkan jiwa.

Pemandangan di sekitar Pulau Bidadari-pun seakan tak mau kalah, dan juga banyak fasilitas hiburan ataupun kegiatan seperti olahraga air, bermain sepeda dan lain-lain. Tak hanya itu, terdapat Benteng Martello peninggalan Belanda di abad ke-17 yang menjadi lokasi berfoto favorit. Untuk melengkapi wisatamu di Pulau Bidadari, Kamu bisa berkeliling ke pulau-pulau di sekitarnya.

31. Tempat Wisata Pulau Tidung

Sudah tahu belum bahwa Pulau Tidung ialah salah satu kelurahan di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta? Daerah tersebut terbagi menjadi dua yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidug Kecil yang keduanya mempunyai perkembangan wisata bahari yang eksotis dan wajib untuk kamu eksplor.

Penyelaman serta penelitian terhadap terumbu karang ialah suatu kegiatan yang sering dilakukan oleh wisatawan. Sebagai salah satu tujuan terpopuler, di wilayah Pulau Tidung terdapat perkampungan dimana ada warung yang menyediakan makanan maupun minuman yang dibutuhkan oleh wisatawan.

32. Tempat Wisata Jembatan Kota Intan

Jembatan yang dibangun pada tahun 1628 oleh VOC ini dinobatkan sebagai jembatan yang tertua di Indonesia. Lokasi Jembatan Kota Intan berada di Kali Besar wilayah Kota Tua wilayah jakarta Barat, yang mana di bawah pengelolaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DLI Jakarta.

Bentuk fisik sebagaimana jembatan gantung, seperti jembatan – jembatan besar di negara asal VOC. Suatu yang sangat seru ketika berada di atas jembatan, kamu akan melihat pemandangan padatnya gedung-gedung di Jakarta.  Jembatan Kota Intan masih ada hingga saat ini, meskipun kayu hutannya sudah di renovasi dengan baja.

33. Tempat Wisata Pelabuhan Marina Ancol

Pelabuhan ini ialah gerbang kapal ferry boat yang akan menuju ke Kepulauan Seribu, Pulau Bidadari, Pulau Pramuka dan Kepulauan Seribu lainnya. Pemandangan yang tersaji sangat menarik untuk dinikmati, suasana romantis selalu tercipta saat sore hari ketika sang surya mulai terbenam di ufuk barat. Angin yang bertiup sepoi selaras dan serasi mendukung suasana semakin romantis, maka tak mengherankan banyak muda mudi memenuhi wilayah ini. Lokasi Pelabuhan Marina ancol berada di belakang arena Dufan ( Dunia Fantasi ).

34. Tempat Wisata Kandank Jurang Doank

Kandank Jurang Doank  adalah sekolah alam yang gratis. Adapun kegiatan yang biasa dilakukan ialah belajar menggambar, bermain bola, gitar, olah vokal, menari dan lain sebagainya. Pada awalnya tempat kandank jurang doank ini dirilis pada tahun 1993 oleh artis dan seniman Dik Doank yakni sebagai sekolah alam untuk anak-anak yang berada kampung sekitar.

Cita-cita Dik Doank di waktu itu ialah ingin anak-anak miskin bisa belajar sekolah yang sebenarnya. Sebab lewat alam diharapkan anak-anak mampu mengenal diri dan potensinya yang kemudian dikembangkan. Berjalannya waktu Kandank Jurank Doank berkembang menjadi tempat yang sangat menyenangkan bagi anak-anak dari kalangan manapun.

Tak pandang bulu miskin, kaya, tua, muda warga sekiar ataupun anak-anak yang berkunjung, kesemuanya diterima dengan baik. Suasana nyaman di wilayah tersebut didukung dengan udara sejuk, bebas polusi, alam hijau serta dikelilingi sawah-sawah yang luas. Tak hanya itu, ditempat ini ada Museum Kandank Jurank Doank yang menyimpan sejarah kehidupan Dik Doank mulai dari masa kanak-kanak hingga saat ini.

Akhir Kata

Gimana teman – teman? tempat wisata mana yang ingin kalian kunjungi di Jakarta?

Semoga informasi ini bisa bermanfaat, selamat liburan!!

Tinggalkan komentar