5 Tempat Wisata Di Madura Yang Lagi Populer dan Gratis

Saat ini Madura sudah gampang diakses berkat adanya jembatan Suramadu. Tentunya kalau kamu sedang ada di Surabaya, maka kamu bisa mengunjungi berbagai tempat wisata yang ada di Madura secara mudah.

Kabupaten Sampang terletak di tengah-tengah pulau Madura jadi beruntunglah penduduk disana karena jika hendak bepergian kemana-mana tak jauh seperti ke surabaya atau ke sumenep.

Dan selain itu dalam kabupaten ini sangat banyak wisata-wisata yang lagi populer saat ini. Dan berikut kami akan berbagi informasi seputar tempat wisata di Madura, khusunya yang berada di Kabupaten Sampang.

Rekomendasi Tempat Wisata di Madura

Hutan Kera Nipa

Hutan Kera Nipa Adalah hutan yang di penuhi oleh kera yang imut dan lucu. Tapi meski imut-imut jangan coba-coba temen mengganggunya yah, karena apapun itu kalau diganggu pasti tidak akan tinggal diam, maka berhati-hatilah.

Kera – kera tersebut sangat suka makan buah-buahan sama seperti kera-kera yang kalian kenal, jika pengunjung memberikan sesuatu pada kera nipa, mereka akan diam dan langsung pengunjung akan berfoto-foto dengan si imut dengan gratis.

Selain berfoto ria bersama makhluk imut kamu juga bisa merasakan Pantai Nipa yang di samping kota Nipa dengan anginnya yang sepoi-sepoi dengan ketenangan dibawah pohon kelapa yang di iringi suara ombak.

Lucu kan kalau kita bisa deket dengan hewan liar seperti itu, dan lebih enaknya, kamu tidak usah ragu untuk pergi kesana, tidak usah bayar tiket dan semacamnya, dan akses menuju tempat ini tidaklah susah.

Untuk menuju lokasi ini kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 2 jam dengan jarak tempuh sebesar 90 km. Atau kamu juga bisa menggunakan  alternatif jalan yang lebih dekat yaitu melalui Kabupaten Bangkalan dan cukup menuju ke pantai utara dan mengikuti jalan ke arah timur.

Atau bisa juga menggunakan jasa transportasi umum yang berjejer di pinggir jalan dengan harga 15,000 rupiah saja.

Air Terjun Toroan

Di Madura khususnya di Kabupaten Sampang ada wisata air terjun yang mirip sekali dengan air terjun jogja yang ada di sekitar gunung kidul.

Air terjun ini adalah air terjun yang langsung mengarah ke laut. Kedalaman kolamnya kira-kira kurang lebih 2 meter dan deras air terjunnya yang cukup kuat.

Jadi kamu perlu berhati – hati kalau mandi atau berenang disana.

Fasilitas yang ada juga masih minim, sehingga kamu juga perlu menjaga barang bawaan secara ekstra.

Menariknya, Air Tejun Toroan ini tidak jauh dari lokasi hutan kera nipa, mungkin jaraknya cuma sekitar 5 Km saja. Lautnya pun juga masih deretan dari pesisir Pantai Nipa. Jika ada wisatawan hendak kesana pasti tidak akan nyasar.

Rute menuju kesana pun sama, hanya saja kalau kamu dari hutan Kera Nipa hanya tinggal meneruskan perjalanan lurus ke arah timur tanpa belok ke jalur lain dan Air Terjun Toroan ada di sebelah kiri jalan.

Tarif di wisata Air Terjun Toroan itu gratis, karna mungkin masih belum terlalu terkenal ke luar Madura. Tapi bagi wisatawan yang berkendara wajib membayar parkir dan juga tidak mahal. Tarifnya cuma  Rp.5000 untuk kendaraan motor, dan Rp.10,000 untuk kendaraan roda empat.

Goa Lebar

Goa lebar yang ada di Sampang ini tak ada matinya dari pengunjung karena cocok buat nongkrong dan ketika berada disana, kamu bisa melihat keindahan kota Sampang dari atas.

Goa di Sampang ini mempunyai ke unikan tersendiri dan goa ini terbentuk secara alami yang mempunyai lebar sekitar 200 meter dengan kedalaman 100 meter.

Disamping itu untuk menarik pengunjung di tempat ini telah disediakan kolam renang yang harga tiketnya relative murah, yaitu hanya Rp. 5000 per orang dan untuk masuk ke gua lebar tidak di kenakan tarif alias gratis!!

Rute menuju gua lebar juga tidak rumit karena gua ini termasuk berada di tengah kota Sampang tepatnya di Jalan Pahalawan Timur, Kelurahan Rongtengah Kabupaten Sampang.

Waduk Klampis

Waduk Klampis merupakan tempat wisata bersedih dan bergembira. Kenapa bisa begitu?

Dengan suasana pegunungan dan hijaunya pepohonan, tempat ini masih bisa dibilang alami atau belum di sentuh tangan. Dengan suasana seperti itu kamu bisa menenangkan diri atau bergembira bersama keluarga dan teman atau orang yang dicintai.

Rute ke Waduk Klampis terbilang sulit karena sangat jauh dari jalan raya. Tapi dengan pohon yang berjejer di pinggir jalan akan menuntunmu ke jalan waduk yang tepatnya di Dusun Keramat, Desa Komis Kecamatan Kedungdung.

Pulau Mandangin

Pulau Mandangin adalah pulau yang terpisah tapi masih termasuk cakupan dari Kabupaten Sampang. Pulau ini tersirat seperti pulau imajinasi karena kamu akan merasa seperti lagi syuting film india atau film-film barat yang ceritanya terdampar di sebuah pulau yang sunyi. Tapi kalau di pulau ini tidak lah sunyi karena disini masih ada rumah-rumah sederhana yang berhimpitan dan tentunya ada penduduk asli.

Rute menuju Pulau Mandangin tidak terlalu sulit, hanya saja butuh keberanian karena harus berlayar dengan perahu kecil atau perahu motor.

Dari kota Sampang kamu akan berlayar dari Pelabuhan Tanglok, disanalah wisatawan akan bertemu dengan para nelayan atau penduduk disekitar yang mempunyai perahu dan wisatawan akan menempuh perjalanan selama 30 menit. Setelah sampai di sana kamu pasti akan tercengang dengan keindahan pulau Mandangin.

Akhir Kata

Bagaimana, tertarik ingin pergi ke Madura?

Dan bukan hanya itu, masih banyak lagi tempat wisata di Madura yang tak kalah menariknya, bahkan sampai wisatawan dari berbagai negara rela datang untuk touring ke pulau garam ini.

Tinggalkan komentar